Senin, 16 Februari 2009

PATUNGFILOSOF ZAMAN ROMAWI DITEMUKAN DI TURKI

Patung filosof zaman Romawi ditemukan di Turki
Ditulis oleh dzulfikar di/pada Agustus 28, 2008
By : dzulfikar
Para Arkeolog telah menggali bagian-bagian arca/patung besar penguasa Romawi-Marcus Aurelius- di kota kuno Sagalassos, Turki.
Arca/patung batu berukir yang indah tersebut ditemukan di ruangan kamar mandi terbesar kerajaan romawi di Sagalassos, diketinggian pegunungan Turki bagian Selatan.Ruangan berbentuk silang yang ditemukan dalam kepingan-kepingan batu, kemungkinan dipakai sebagai “Frigidarium”-sebuah ruangan dengan kolam air dingin, dimana orang-orang romawi akan berendam didalamnya setelah mandi air panas, BBC melaporkan.
Direktur Tim-profesor Marc Waelkens-dari Unversitas Katolik Leuven, belgia, yang menemukan arca/patung tersebut bersama para mahasiswa mahasiswanya mengatakan,” ketika berkontemplasi mendalam tentang penemuan ini, betul-betul sebuah kerajaan yang sempurna, yang lebih merupakan sebuah kerajaan filosof dibandingkan kerajaan prajurit.”
Para penguasa romawi tersebut, yang memerintah dari tahun 161 - 180 sebelum masehi, digambarkan dalam ukiran yang indah dengan sepatu prajurit dan tubuh yang ditutupi baju baja perang yang terbuat dari perunggu, dan dipenuhi oleh kayu.
Dianggap sebagai salah satu filosof Stoic ternama, Marcus Aurelius dikenal sebagai salah seorang dari “5 raja yang baik”, disamping Nerva, Trajan, Hadrian, dan Antoninus Pius.
Tim tersebut, yang telah menggali ‘Frigidarium” selama lebih dari 12 tahun terakhir, juga melakukan penggalian bagian-bagian patung raja Hadrian dan Faustina (Istri tua dari raja Antoninus Pius)
Waelkens and his colleagues now believe that the room a collection of sculptures depicting the Antonine dynasty, who ruled over the Roman Empire during the second century BC.
Waelkens dan para koleganya sekarang percaya bahwa ruangan yang mengoleksi banyak arca dan patung tersebut menggambarkan dinasti Antonine, yang memerintah kerajaan Romawi selama abad ke-2 sebelum masehi.

sumber:http://dzulfikar wordpress.com/2008/08/28 patung filosof-zaman-romawi-ditemukan-di-turki/

WININGSIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar